Berita

DARI BAKTOR WARGA SAMPAI MOBIL DINAS CAMAT PONDOKGEDE IKUT NGANGKUT SAMPAH

10-01-2020 Berita KECAMATAN

Banjir yang terjadi hari Rabu (1/1) menyisakan sampah di sekitar pemukiman warga. Sejak Kamis (2/1) Aparatur Kecamatan, Kelurahan bersama warga masyarakat serta dibantu unsur dari Dinas/Badan yang ditunjuk oleh Wali Kota Bekasi di wilayah Pondokgede dan unsur-unsur lainnya bahu membahu membersihkan sampah.

Kasur, meja sampai pohon-pohon kecil yang tumbang terlihat disekitar rumah warga. Guna mengantisipasi penularan penyakit yang dikhawatirkan akan menyebar kepada warga, UPTD Puskesmas se-Kecamatan Pondokgede turun langsung ke rumah warga yang terdampak banjir untuk memeriksa dan memastikan kondisi warga.

Giat bersih lingkungan pada hari Kamis (9/1) dilakukan serentak di 5 (lima) Kelurahan. Keterbatasan armada yang mengangkut sampah akhirnya diinisiasi oleh warga dengan menggunakan baktor yang dimiliki warga ke truk pengangkut sampah.

“Sampah kita angkut menggunakan baktor dengan swadaya masyarakat” ujar salah satu warga.

Salah satu titik yang melakukan giat bersih lingkungan adalah di Jatiwaringin Asri RW 13 Kelurahan Jatiwaringi. Disaat yang bersamaan truk pengangkut sampah berada di Perumahan Taman Mini RW 23 Jatimakmur. Awalnya mobil patroli Satpol PP Pondokgede digunakan untuk mengangkut sampah ke Perum Taman Mini. Namun karena tidak mampu mengangkut seluruh sampah, mobil dinas Camat Pondokgede pun ikut mengangkut sampah. Upaya ini adalah langkah percepatan dalam melayani warga karena jika terlambat diangkut maka sampah-sampah tersebut akan mengeluarkan aroma tak sedap.

Bersama UPTD Kebersihan Pondokgede sampah akan terus diangkut. Pihak UPTD Kebersihan Pondokgede pun menambah jumlah armada pengangkut. Diharapkan, upaya ini dapat diikuti daerah lain dengan melakukan swadaya dan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan/Kelurahan. (FSA)

Baca Juga